Workshop Para Pelayan Se-Resort 45 BNKP, 27 November 2009


by. Pdt. Gustav Harefa

Pada tanggal 27 November yang lalu, telah diadakan Workshop Rencana Kerja Tahun 2010 Se-Resort 45  sekaligus Sidang Majelis Resort 45 BNKP. Kegiatan ini bertempat di gedung gereja BNKP Depok yang kebetulan dalam proses pembangunan.

Kegiatan ini mengambil tema “Tunaikanlah tugas pelayananmu (II Tim. 4:5c) dengan Sub Tema : Melalui Workshop Rencana Kerja Tahun 2010 dan Sidang Majelis Resort 45 BNKP Tahun 2009, jemaat semakin bertumbuh dewasa menjadi berkat bagi masyarakat sebagai wujud yang misioner. Dengan tema dan sub tema ini, diharapkan seluruh pelayan se-Resort 45 BNKP mampu melaksanakan tugasnya sebagai pembawa kabar sukacita ditengah-tengah masyarakat majemuk. Terlebih dalam menghadapi perkembangan global sekarang ini, dituntut mutu pelayanan yang berkualitas yang tentu saja kembali kepada Sumber Daya Manusia para pelayannya.

Dalam kata Pengantar, Pdt. Aro Bu’ulölö, selaku Pendeta Jemaat BNKP Depok, mewakili seluruh Jemaat Depok mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta seraya memohon maaf karena tempat pertemuan yang masih kurang nyaman karena dalam proses pembangunan. “Kami memohon maaf apabila tempat ini kurang nyaman bagi bapak/ibu sekalian, namun kami mengharapkan dukungan dari bapak/ibu sekalian untuk mendukung proses pembangunan ini dimana target kami tanggal 24 Desember akan dipergunakan sekaligus perayaan Natal bersama Depok yang dipimpin oleh Ephorus BNKP”

Workshop ini diawali dengan kebaktian yang dipimpin oleh Pdt. Masrial (Ria) Zebua, S.Th, seorang misionaris yang diutus BNKP ke Filipina, bekerjasama dengan badan misi OMF. Pada kesempatan tersebut, Pdt. Ria memaparkan melalui slide pengalaman pelayanannya di Pulau Manobo yang sangat terasing, terbelakang, dan masih terikat dengan kuasa kegelapan. Namun oleh karena kasih setia Tuhan, para pelayan Tuhan (termasuk Ria) mencoba memberitakan Injil kepada mereka. “Saya sangat mengharapkan dukungan doa, tenaga, pikiran bahkan materi dari rekan sepelayanan semua!. Mereka sangat merindukan pelayanan. Masih banyak yang hilang dan mereka sering berteriak, tolong! Tolong! dan tolong!. Namun, jarang orang mau melayani mereka. Apakah kita bersedia turut serta dalam pelayanan ini?”, ujar Pdt. Ria sekaligus menantang semua peserta workshop dalam Renungan Pembukaan.

Dalam kata pembukaan, Plt. Pendeta Resort 45 BNKP Jakarta, Pdt. Ts. Daeli, S.Th mengungkapkan bahwa Resort 45 BNKP sendiri adalah Resort yang berada di Pulau Jawa yang terdiri dari 10 Jemaat (Jakarta, Depok, Tangerang, Marturia-Bekasi, Syalom-Cileduk, Bogor, Cikarang, Narwastu-Cimahi, Bandung, dan Surabaya), serta 3 pos pelayanan (Parung-Tangerang Selatan, Filadelfia-Cileungsi, Jatinangor). Bahkan dalam waktu dekat, pada bulan Desember 2009 ini akan dibentuk satu lagi Jemaat Persiapan baru di Lampung. dalam Kata Pembukaan. Dari hal ini jelas, bahwa perkembangan BNKP dari hal kuantitas pertumbuhan gereja semakin berkembang. Tentu dituntut juga pertumbuhan iman warga melalui kualitas pelayanan yang memadai.

Tampil sebagai pembicara utama adalah BPHMS BNKP yakni Ephorus BNKP (Pdt. K. Hia, M.Th) dan SEKUM BNKP (Pdt. At. Lase, M.Th) dengan Moderator anggota BPMR dari Jemaat Tangerang, SNK. Drs. Saroziduhu Zebua (A. Grace). Dalam pemaparannya Ephorus BNKP memberikan penjelasan tentang Tata Gereja BNKP dan Peraturan-Peraturan Pelaksana lainnya. Sementara itu SEKUM BNKP memberikan pemaparan tentang Program Umum Pelayanan BNKP 2007-2012. Pada kesempatan ini, Ephorus BNKP mengakui masih ada kelemahan dalam pembuatan peraturan di BNKP sekaligus masih ada beberapa yang masih belum selesai. Untuk itu melalui kegiatan workshop ini diharapkan ada buah pemikiran yang membangun yang dapat diberikan dalam menunjang pelayanan di BNKP secara umum dan di Resort 45 khususnya.

Kedatangan kedua pimpinan BNKP ini dimanfaatkan oleh seluruh peserta. Hal ini nampak dalam ruang diskusi, begitu banyak pertanyaan dan masukan yang diberikan dengan satu tujuan bagaimana mengembangkan pelayanan BNKP. Mis. Peranan BPMJ dalam pelayanan, hubungan Pendeta dengan BPMJ, ketegasan tentang fungsi dan tugas BPPJ, serta program pelayanan.

Sehubungan dengan berakhirnya tahun 2009, maka setelah workshop diteruskan dengan sidang majelis resort 45 BNKP jakarta untuk mengevaluasi pelayanan 2009 dan mencoba merumuskan apa visi, misi serta program pelayanan 2010. Seluruh peserta dibagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama membahas tentang pelayanan dengan Ketua SNK Agus Gea (A. Tara) (Ketua BPMJ Marturia Bekasi) dan….sebagai Sekretaris. Sementara itu Kelompok 2 membahas tentang Harta Milik dan Keuangan Resort 45 BNKP Jakarta dengan Ketua Drs. Arkian Zebua, M.Si (A. Christi), Ketua BPMJ BNKP Jakarta dan SNK. Johny C. Lase (A. Christi), Ketua BPMJ BNKP Bogor.

Antusias dari peserta dalam mengikuti kegiatan ini sangat tinggi dimana seluruh acara diikuti sampai selesai. Keakraban, kebersamaan yang dilandasi kasih Kristus sangat mewarnai seluruh acara. Sementara iut, Pelayanan warga jemaat BNKP Depok sebagai pertemuan yang sangat bersahabat juga menjadi nilai tambah tersendiri dalam pertemuan ini. “Sehingga akhirnya keakraban ini diharapkan menjadi modal tersendiri dalam memulai pelayanan yang baru di tahun mendatang”, ungkapan perasaan Ibu Pdt. Mistariani Zega (Pdt. Jemaat BNKP Tangerang) dalam doa penutup.

SNK. A. Grace Zebua (Moderator), Ephorus & Sekum BNKP (Penceramah)

Pdt. Aro Bll, Pendeta BNKP Depok

Pdt. Ts. Daeli, S.Th-Praeses Resort 45 BNKP

Pdt. Masrial (Ria) Zebua Sedang Membawa Renungan

BPHMS BNKP Dengan Tim Dari OMF

Pdt. B. Tafona'o, Pdt. Mistariani Zega. Pdt. Ria Zebua, Pdt. Ts. Daeli, Ephorus BNKP, Sekum BNKP. Pdt. Aro Bll, Pdt. Gustav Harefa

BPHMS BNKP Dengan Sebagian Para Pendeta BNKP

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s