TUHAN SELALU BERSAMA KITA


Dalam ibadah pemberkatan nikah, selalu disampaikan Firman Tuhan, “Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.” (Matius 19:6). Dalam pesan Yesus ini jelas mengungkapkan bahwa pernikahan itu adalah hal yang sakral dan tidak boleh dipermainkan oleh manusia. Sehingga sangat menyedihkan ketika masih ada orang mau selingkuh atau mencari pasangan yang lain (nikah siri), padahal dia telah berjanji untuk setia kepada pasangannya dihadapan Tuhan dan sesama.

Namun demikian dalam konteks yang lain, meskipun telah satu, saya tidak pernah melihat pasangan suami-istri selalu bersama 24 jam tidak pernah berpisah. Dalam bahasa Nias pasaran, “pao-pao mano, lo paepapaepa” (bersama-sama terus , tidak pernah berpisah. Misalnya ketika ibu berbelanja, bapak juga ikut menemani kemana saja ibu pergi membeli sesuatu. Ketika ditanyakan ke bapak, “kenapa sama-sama terus pak”, lalu jawabnya misalnya, “iya, kami  telah satu di dalam Tuhan, “pao-pao mano, lo paepapaepa!!. Atau misalnya bapak seorang karyawan kantor, atau seorang PNS, atau seorang guru, lalu istrinya ikut terus kemanapun suaminya kerja. Ketika ditanyakan kepada sang istri kenapa sama terus, dengan enteng dia menjawab misalnya “iya, kami  telah satu di dalam Tuhan, “pao-pao mano, lo paepapaepa!!. Apakah memang demikian?. Secara pribadi sekali lagi saya tidak pernah melihat, namun saya tidak tahu jika ada diantara bapak ibu yang sudah berkeluarga, “pao-pao mano, lo paepapaepa!!. He..he..he..

Dalam Kejadian  28:15 dikatakan “Sesungguhnya Aku menyertai engkau dan Aku akan melindungi engkau, ke mana pun engkau pergi, dan Aku akan membawa engkau kembali ke negeri ini, sebab Aku tidak akan meninggalkan engkau, melainkan tetap melakukan apa yang Kujanjikan kepadamu.” Firman Tuhan ini justru memberikan satu hal baru sekaligus kekuatan bagi setiap orang percaya bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan umat yang dikasihi-Nya. Perkataan ini disampaikan Tuhan kepada Yakub dalam perjalanan menuju rumah pamannya Laban. Dalam keputusasaan dan ketakutan karena menipu ayahnya, Tuhan datang memberi janji bahwa Dia tidak akan meninggalkan Yakub. Meskipun dikemudian hari, Yakub juga ditipu Laban (sebagai konsekuensi dari perbuatannya masa lalu), namun satu hal yang dapat kita catat bahwa Tuhan selalu bersama-sama dengan dia baik dalam suka dan duka. Dapat saya katakan Tuhan 24 jam bersama Yakub.

Bagaimana dengan kita?. Tuhan juga senantiasa selalu bersama-sama dengan kita 24 jam. Dia selalu menemani, melindungi dan bersama dengan kita. Meskipun kita tidak melihat secara fisik, namun mata rohani kita dapat melihat dan merasakan bagaimana karya Tuhan selalu hadir dalam hidup kita. Ketika Tuhan selalu bersama dengan kita, apakah kita juga selalu bersama dengan Dia?. Justru kita yang tidak mau ditemani dan dilindungi Tuhan. Untuk itu mari selalu bersama-sama dibawah lindungan Tuhan. Sama halnya ketika kita satu dalam pernikahan kudus, maka kita juga satu dalam persekutuan dengan Tuhan. Selamat beraktivitas..

4 thoughts on “TUHAN SELALU BERSAMA KITA

  1. sesungguhnya Allah memang tidak pernah meninggalkan kita, tetapi kitalah yang senantiasa berusaha meninggalkan Allah. dan itulah realitas atau natur dari hidup manusia berdosa. apa yang harus kita lakukan sekarang? be..ru..sa..ha..lah. untuk hidup dan melakukan kehendak Tuhan. jalinlah hubungan kasih yang murni dan tulus dengan pasangan anda. GBU All

  2. Tuhan Benar selalu beserta dengan kita, walaupun berkali-kali kita jatuh, tp selalu hadir Dia tuk menopang kita. Tuhan selalu beserta kita dalam suka dan duka, namun kita sering melupakan Tuhan ketika kita dalam suka & mencari Dia ketika kita dalam duka. tp Penyertaan Tuhan tak ada satupun yg dapat menyangkalnya , walaupun kita sering kali melupakannya.
    Renungan yg sangat membangun…smoga jadi berkat & jadi penguatan bagi semua orng…GBU..:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s