SMS BERANTAI


Dalam beberapa hari terakhir, saya menerima banyak sms khususnya dari Nias yang memberi informasi sekaligus mempertanyakan tentang munculnya tanda-tanda ajaib di Nias, seperti munculnya anjing yang bicara dalam ibadah, munculnya perempuan cantik,  adanya ular besar, dll. Mungkin ada diantara saudara yang menerima sms tersebut, namun beberapa diantaranya saya berikan contoh di bawah ini:

Pertama, Sms dari pendeta resort Nias (Pendeta Resort mana tidak jelas, penulis) tanggal 21 Peb 2010, hari minggu terjadi di Idano Gawo (kurang lebih 37 km dari Gunungsitoli) satu keajaiban, SEEKOR ANJING BICARA DALAM GEREJA, IA BERKATA TIDAK LAMA LAGI DUNIA AKAN HANCUR, APA KALIAN TIDAK MENGERTI? PERTANDA SUDAH ADA, BENCANA DI MANA-MANA, WAHAI UMAT SADARLAH KALIAN SEMUA, setelah itu anjing menghilang..

Ini benar terjadi, jangan abaikan, kirim kepada famili semua setidaknya 15 orang jika tidak disebarkan kamu akan mendapat cobaan yang sangat pedih.

Kedua, mifalalini gera-erami! No ahatö luo safuria, no oroma dandra sahölihöli dödö. No ato ndra talifusöda sangila urifö sanaro nahia narako, ya’ia da’ö ASU SIHULO ZIKHALA NIHA, börö da’ö ya’ita fefu ena’ö tafao wangandrö sifao fangaku sala föna zokhö. Yamufahono gurifö sitola mamakiko niha andrö. Fa’ema 11 niha dalifusö fa’aröu khöu wamakao andrö, ba na lö’ö, lö tala lö’ö falukha’ö wamakao sabölö-bölö.

(terjemahan bebasnya adalah bertobatlah, sebab akhir zaman sudah tiba!. Sudah ada tanda-tanda keajaiban. Banyak saudara kita yang melihat binatang penjaga neraka yakni anjing yang bermuka manusia. Untuk itu kita semua bersama-sama berdoa sambil mengaku salah dihadapan Tuhan agar binatang itu bisa tenang dan tidak menghancurkan umat manusia.Kirimkan 11 sms kepada saudara yang lain agar terhindar dari malapetaka ini, jika tidak maka akan terjadi dalam dirimu malapetaka besar)

Ketiga, SMS ini jangan dihapus, Ini benar terjadi di Kota Bangkinang (sepertinya daerah Riau), Seorang anak gadis, umur 8 tahun, hamil tanpa sebab. Dan lahirlah seorang seorang anak dengan setengah tubuh anjing dan setengah tubuh manusia. Dan dia tidak mau menyusui seperti bayi, yang diminumnya adalah darah manusia. Sekarang anak ini telah mengelililingi dunia mencari mangsa. Untuk itu setelah membaca sms ini tolong kirim kepada 8 orang saudara yang lain. Jika tidak akan terjadi penderitaan bagi dirimu.

Keempat, Pengumuman, kemarin malam sekitar pkl. 22.00 (bagi penulis tidak jelas kapan tanggal, bulan dan tahun), setelah gempa di Hilimaziaya, Kec. Lotu, Kab. Nias Utara, keluar seekor ular berkepala dua dan dikepala ada kain ungu , dan dia sedang melilitkan tubuhnya di gnung tsb, dan msh blm ada tanda2 yang trjdi. Mari doakan smoga di Pulau Nias kita ini tdk terjdi apa-apa. Kirim kepada 8 orang saudara yang lain sms ini. Jika tidak akan terjadi penderitaan bagi dirimu.

Kelima, ya’ahowu talifusö! No so duria sahölihöli dödöda ba danö  niha, ya’ia da’ö turia nono alawe sibaga-baga, nomofayo saitö, baru safusi, u’i ba no baga-baga. Andrö mi’abe’egö mangandrö, fabööööi falukha ami. No ahatö gafökha i’alu’alui haniha ni’ania. Fa’ohe’ö 10 sms da’a khö niha bö’ö. Na lö’ö, alua khöu gabula dödö sabölöbölö. Ba na ö’o’ö ba so sms gratis 2000 ero ma’ökhö. Ya’o no usöndra ma’ökhö. (terjemahan bebasnya, salom saudaraku, sudah ada berita yang menggemparkan di Pulau Nias yaitu munculnya seorang anak gadis yang sangat cantik dengan memakai payung warna hitam, baju warna putih dan rok yang begitu indah. Iblis sudah dekat dan siap menerkan mangsanya. Kirim 10 sms ini kepada orang lain. Jika tidak, akan terjadi malapetaka bagi dirimu. Jika mengikuti kamu akan menerima sms gratis 2000 setiap hari. Aku sudah mencoba dan mendapatkannya)

Keenam, yang luar biasanya ketika saya menulis refleksi ini, sya menerima sebuah sms berikut : ini dari bapak Pdt. F.L. Bidaya di Teluk Dalam (mantan Ephorus BKPN), akan terjadi gempa besar yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Setengah pulau Nias dipenuhi air laut. Untuk itu kita semua menguatkan berdoa agar tidak terjadi seperti yang dikatannya di atas. Kirim sms ini minimal 20 orang kepada teman dekat dan engkau mendapatkan sms gratis 2000 kali dan bonus pulsa Rp. 25.000. Aku sendiri sudah membuktikan)..

Saudara yang kekasih…

Sebenarnya ini bukan hal yang baru terjadi, sebelumnya juga sudah banyak saya menerima sms-sms yang sama dengan berbagai berita. Pernah saya menerima sms bunyinya begini, “katakan 3 kali aku mencintai Yesus dan kirimkan 10 sms kepada yang lain, maka kamu akan selamat”. Namun sampai sekarang saya tidak pernah menanggapi. Justru sampai sekarang juga hidup saya tetap sukacita dan diberkati Tuhan. Memang ada pergumulan dan penyakit (seperti batuk, flu dan demam), tapi saya rasa itu semua biasa-biasa saja dan semua juga manusia pasti punya pergumulan. Iya nggak?. Masak hanya dengan mengirimkan sms kepada orang lain kita dapat selamat? Ada-ada saja!. Bagaimana sikap dan tindakan kita sebagai orang percaya melihat kejadian ini?

Melihat dari semua isi sms ini ada beberapa yang janggal : Pertama, data-data yang diberikan kurang akurat seperti tanggal, waktu dan tempat. Selain itu mengenai nama orang ini juga bisa merusak citra seseorang. Belum tentu dia mengatakan hal tersebut atau tidak. Kedua, saya yakin kejadian yang sekarang di Nias yakni munculnya penyakit rabies atau di Indonesia secara umum dengan begitu banyak bencana dimanfaatkan untuk membuat orang menjadi takut dan kwatir. Apalagi kesaksian Alkitab juga berbicara tentang tanda-tanda alam yang terjadi sebelum akhir zaman. Ketiga, dari segi bisnis khususnya dalam hal pembelian pulsa, hal ini juga dimanfaatkan dan sepertinya ini yang paling utama. Yakni dengan membuat orang menjadi takut dan gelisah, sehingga dia membeli banyak pulsa dan mengirimkan kepada orang lain. Apalagi sekarang ini dengan persaingan yang sangat ketat dalam menarik hati pengguna Hp (Celuler Phone), sehingga kondisi yang demikian dimanfaatkan. Keempat, siapapun pembuat atau sumber utama pembuat sms-sms ini adalah orang yang tidak percaya kepada Tuhan dan memanfaatkan situasi untuk kepentingannya sendiri.

Untuk itu secara iman kristiani, sms ini tidak perlu kita tanggapi dan dibawa dalam hati. Seandainya jika memang ada hal yang demikian, kita sebagai orang yang percaya di dalam Tuhan tidak perlu kwatir dan takut karena kita yakin akan diselamatkan oleh Kristus. Seandainya detik ini juga Tuhan menghancurkan dunia ini, jika kita percaya kepada Yesus, pasti kita akan selamat. Mari kita belajar dari Paulus dalam Filipi 1:21, “Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. Selain itu, dari segi kapan dunia akan dihancurkan, seorangpun tidak ada yang tahu. Hanya Tuhan yang tahu!. Yesus sendiri dalam Markus 13:32-32 mengingatkan murid-murid-Nya demikian,  “Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa saja.” “Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba.

Namun demikian, sebagian dari isi dari sms itu yang menurut kita baik seperti perlu pertobatan, perubahan diri, berdoa terus menerus, itu juga mesti kita lakukan dan memang itulah tugas kita sekarang sebagai orang percaya. Hal itu juga sangat perlu, apalagi sekarang ini sedang terjadi krisis kasih dan krisis iman. Untuk itu perlu pembaharuan diri dan budi. Tetapi tidak perlu mengirim sms kepada orang lain, selain dari menghabiskan energi juga menghabiskan materi. Lebih baik kita mengirimkan sms-sms ayat-ayat Firman Tuhan yang meneguhkan dan menolong orang lain dalam menjalankan aktivitas sekaligus membantu dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Hal Ini tanpa kita sadari telah menjadi berkat baginya.

Saudaraku yang kekasih,

Yesus sebelum akan ditangkap berbicara dan memberi nasehat kepada murid-murid-Nya yakni “Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu! Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang. (Matius 24:4-5). Melihat fenomena sekarang ini dapat kita katakan model sms berantai ini juga adalah tipe mesias palsu yang ingin menyesatkan kita. Untuk itu biarlah kita tetap setiap kepada Tuhan sampai akhir zaman dan tetap teguh kepada-Nya, sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,(Efesus  4:14). Tuhan memberkati.

8 thoughts on “SMS BERANTAI

  1. Ini semua gara2 paket bonus 1000 dari krt AS dan paket 100 simpati stlh mgrmkan 3 sms ptma. Org yg mgrm tu jg mau bkn sensasi spy dphtikan & ditakuti. Jgn tkt bjlnlah sesuai dgn firman. Immanuel.

  2. hemmmmmm…., hampir setiap hari belakangan ini saya menerima sms “aneh” yang salah satunya dah aku kirim ke abang bukan?

    saya juga termasuk prihatin kepada orang2 yang mengirm sms tsb., dan yang lebih di sayangkan lagi adalah karena yang mengirimnya adalah mahasiswa atau alumni STT, yang notabene dah memiliki dasar2 iman yang kuat. apa lo kata, mahasiswa STT juga manusia hehehe….

    jujur, renungan hari ini semakin menguatkan saya pribadi dengan apa yang saya lakukan ketika menanggapi sms “aneh” yang saya terima selama ini.
    semoga refleksi ini dapat di baca oleh banyak orang dan dapat juga menguatkan mereka dalam menghadapi setiap kondisi hidup yang kadang kala tidak terjangkau oleh pikiran manusia. biarlah Roh Tuhan itu yang bekerja didalam hidup kita semua. amen….

  3. to rahman dan willy..makasih ya tanggapannya…dengan adanya tanggapan kalian berdua mudahan semakin menguatkan pembaca renungan ini agar semakin teguh di dalam Tuhan..
    kita juga mengucapkan terimakasih karena sms ini telah dikirim ke kita…karena sebagian dikirim untuk nanyakan informasi…itu sebabnya saya terbeban untuk membuat renungan ini…
    mari kita tetap teguh dan setia di dalam Tuhan..

    salam

    Pdt. Gustav Harefa

  4. Syalom,………..

    Mungkin maksud dan tujuan dari si pengirim sms ini baik, agar kita harus “berjaga-jaga”. Akan tetapi satu hal yang tidak dapat diterima akal adalah “Kirim kepada 8 orang saudara yang lain sms ini. Jika tidak akan terjadi penderitaan bagi dirimu”. Kata-kata seperti ini seolah-olah kita akan mendapat celaka apabila kita tidak mengirimkannya kembali.

    Mungkin hal ini perlu mendapat perhatian bagi petinggi-petinggi gereja agar dapat menjadi bahan pertimbangan, untuk memberi penjelasan kepada jemaat. Apa yang harus dilakukan apabila menerima sms seperti itu. Karena menurut saya hal ini menyesatkan.

    Semoga Tuhan Memberkati. Amin

    • to adil makasih ya atas komentarnya…itu sebabnya juga saya menulis renungan ini sebagai wacana awal tentang fenomena sms berantai ini….terimakasih atas dukungannya…semoga saya dan hamba-hamba Tuhan yang lainnya tidak jemu-jemu untuk memberi penjelasan kepada warga jemaat…

      Tuhan memberkati..

  5. skrg nhe, sms spt itu sdh smkn menimbulkan keresahan dlm kehidupan wrga jemaat. pd awalnya saya sendiri ketika pertama sekali menerima sms tsb, sdkt terkejut….tpi setelah membaca bait terakhir “kirim kepada 8 org tmnmu……dst”, saya menjadi ga percaya klw itu benar2 terjadi.

    dalam hal ini, diperlukan usaha gereja secara umum dan kita semua sebagai hamba Tuhan, dalam memberi pemaparan yg jelas kepada warga jemaat agar iman mrk tidak ikut terombang ambing hanya karena sms palsu. Syalom..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s