DIALOG ANTARAGAMA : Peran Agama di Eropa Timur Alami Tekanan Berat


Kompas, Sabtu, 29 Mei 2010 | 02:36 WIB, hlm. 2

Praha, Kompas – Hidup selama hampir 40 tahun di bawah kekuasaan pemerintahan komunis membuat peran agama di sejumlah negara di Eropa Timur mengalami tekanan hebat. Proses transformasi menuju era demokrasi yang dilakukan pascaruntuhnya kekuasaan komunis ternyata tetap tak membuat agama memberikan arti penting bagi negara.

Hal itu diungkapkan Presiden Akademi Kristen Ceko Tomas Halik dalam Dialog Antaragama: Mempromosikan Hubungan Harmonis Antarperadaban dalam Masyarakat yang Plural di Praha, Ceko, Kamis (27/5).

Wartawan Kompas, M Zaid Wahyudi, yang mengikuti rombongan Indonesia, melaporkan, kondisi itu juga terjadi di Ceko saat ini yang dulu ketika pemerintahan komunis masih berkuasa bernama Cekoslowakia.

Proses transformasi yang terjadi saat ini lebih mengutamakan pembangunan ekonomi dan politik semata. Sedangkan pembangunan agama kurang terperhatikan karena sejak sebelum komunis berkuasa, Ceko juga telah menjadi negara yang sekuler.

Namun, kondisi itu kini memunculkan kesulitan-kesulitan bagi masyarakat yang semakin mengglobal dan multikultur. Rendahnya pengaruh agama dan budaya membuat masyarakat kehilangan nilai-nilai moral. Harapan sebagian masyarakat agar kelompok agama lebih berperan dalam membangun masyarakat sulit terwujud karena negara mengambil jarak dengan agama-agama.

Di sisi lain, agama juga sering dijadikan sebagai alat dalam konflik kepentingan politik yang memunculkam sikap anti terhadap kelompok pemeluk agama tertentu. Konflik dan sikap tidak toleran dengan kelompok lain itu semakin mudah dipicu dengan ketidaktahuan masyarakat terhadap kelompok agama yang lain.

”Agama dan budaya dapat menjadi pembangun nilai-nilai moral yang efektif,” katanya.

Wakil Presiden Yayasan Islam Republik Ceko Vladimir Sanka mengatakan, selama dalam pemerintahan yang sekuler, masyarakat Islam sebenarnya tetap dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di Ceko.

Kepala Badan Penelitian-Pengembangan dan Pendidikan-Latihan Kementerian Agama Atho Mudzhar mengatakan, perubahan budaya yang didorong oleh perkembangan ekonomi mendorong terjadinya kompetisi, kerja sama, dan konflik secara bersamaan. Kondisi itu tak jarang memicu lahirnya kekerasan atas nama agama dan tidak harmonisnya hubungan antarumat beragama di berbagai tempat.

http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/05/29/02365148/peran.agama.di.eropa.timur.alami.tekanan.berat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s