Ribuan Umat Hadiri Acara Pembukaan Persidangan Majelis Sinode BNKP Yang Ke-55 2010


Oleh : James P Pardede | 28-Jun-2010, 13:00:29 WIB


KabarIndonesia – Pembukaan Persidangan Majelis Sinode atau sinode kerja Banua Niha Keriso Protestan (BNKP) yang ke-55 digelar di Pardede Hall Medan, Minggu (27/6) dan dilanjutkan dengan sinode kerja di Hotel Danau Toba sampai 2 Juli 2010 mendatang. Sinode kerja ini, seperti disampaikan Ephorus BNKP Pdt Kalebi Hia MTh adalah sinode pertama digelar di luar Pulau Nias.

Ephorus Pdt Kalebi Hia MTh saat menyampaikan hal tersebut didampingi Ketua Panitia Persidangan Majelis Sinode Drs. Penyabar Nakhe, Ketua II Ir. Sudirman Halawa SH, Ketua III Drs Edward Zega, Steering Comitte H Harefa S, Sekretaris SNK. Kasiria Gea,SE serta unsur panitia lainnya pada saat persiapan terakhir di gedung Pardede Hall Medan, (26/6).

Persidangan mengambil tema “Tuhan bekerja mendatangkan Shalom bagi semua orang, untuk membangun persekutuan yang kokoh demi pertumbuhan gereja-Nya ( Roma 8 : 28; Efesus 4 : 16)” dan sub tema ‘Dengan semangat persaudaraan sejati di dalam Kristus, BNKP terpanggil mengokohkan persekutuan yang indah dan tersusun rapi dalam menunaikan tugas panggilan kepada semua orang dan segala mahluk’.

Pada acara pembukaan tamu tisambut dengan tari perang Fualo,Sioligo, Hiwo dan Hombo Batu (lompat batu), sementara di dalam gedung tamu disambut Fangowai dan Famee Afo atau kerap juga disebut dengan sekapur sirih.

Ribuan umat jemaat Gereja BNKP hadir pada acara ibadah raya pembukaan Persidangan Majelis Sinode ke-55 BNKP, Minggu (27/6) di TD Pardede Hall Medan dengan Pengkhotbah Pdt DR SAE Nababan.

Setelah ibadah dilanjutkan dengan acara nasional pembukaan Persidangan Sinode oleh Menteri Agama yang diwakili oleh Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI DR Yason Lase MA.

Menurut Tokoh Budaya Nias Tengah Ir AR Zega, selain penghormatan kepada tamu di luar gedung, sesampai di tempat duduk, para tamu juga mendapat sambutan salam adat yang dipersembahkan lewat tari Fangowai dan tari Famee Afo (Sekapur Sirih).

Dalam adat di Nias sirih lebih berharga dari emas dan perhiasan lainnya, kalau tamu kehormatan tidak disuguhi sirih itu sama saja tidak punya adat. Ephorus BNKP Pdt Kalebi Hia MTh kepada wartawan mengatakan, tujuan Persidangan Sinode supaya nama Tuhan dipermuliakan, BNKP mampu berbuat di tengah-tengah bangsa. BNKP juga harus mampu menjalin kebersamaan dalam oikumenis,mau melakukan misinya, tidak berjalan sendiri-sendiri.

“Kita berharap, sinode ini harus bisa jadi berkat bagi orang lain, adapun sasarannya adalah untuk lebih dewasa dalam iman, tertata dalam organisasi dan mandiri dalam menjalankan misi,” katanya.

Setelah dibuka secara resmi, persidangan majelis akan dilanjutkan di Hotel Danau Toba sampai 2 Juli mendatang. Lebih lanjut Pdt Kalebi Hia mengatakan bahwa hal-hal yang dibahas dalam persidangan adalah laporan badan Pekerja Harian Majelis Sinode (BPHMS) yang telah bertugas selama kurang lebih 2,5 tahun.

“Laporan tersebut akan diba¬has dalam persidangan, kemudian dievaluasi dan dinilai sudah sejauh mana tugas-tugas yang dilaksanakan BPHMS, apa yang belum dilaksanakan dan apa saja yang akan dijalankan ke depan,” tegasnya.

Persidangan Majelis juga mengevaluasi Tata Gereja dan peraturan-peraturan BNKP. Peraturan dan struktur baru selama 2,5 tahun tersebut apakah sudah diimplementasikan ke seluruh jemaat.

“Lewat persidangan majelis ini, BNKP akan membuat rencana strategi program umum pelayanan yang mau dikerjakan seperti program tahunan karena Sinode ini adalah Sinode Kerja,” tandas Ephorus.

http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=19&jd=Ribuan+Umat+Hadiri+Acara+Pembukaan+Persidangan+Majelis+Sinode+BNKP+Yang+Ke-55+2010&dn=20100628085331

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s