Naskah Alkitab Terjemahan Martin Luther Ditemukan


Suara Pembaruan, Sabtu, 15 Januari 2011

Guru kelas enam di Bonduel, Debra Court menemukan sebuah Alkitab berbahasa Jerman yang telah berumur 340 tahun dalam kondisi baik di sekolah Gereja Lutheran, tempat dia mengajar.

Alkitab setebal 1.500 halaman tersebut ternyata adalah salinan terjemahan milik Martin Luther yang dicetak di Jerman pada tahun 1670. Demikian dikatakan peneliti setempat kepada WLUK-TV.

Debra Court menemukan Alkitab tersebut ketika mencari arsip baptisan lama untuk ditunjukkan kepada murid-muridnya. Tetapi, pada awalnya dia mengira Alkitab tersebut hanyalah buku lama, kira-kira dua tahun lalu.

Sampai akhirnya Pastor Gereja, Timothy Shoup mengirimkan Alkitab tersebut kepada peneliti di perpustakaan Seminari Concordia di St. Louis yang saat ini berhasil mengindentifikasinya. Librarian Lyle Buettner mengatakan bahwa Alkitab tersebut diketahui hanya ada 40 kopi, di mana yang lainnya tidak terdokumentasi.

Kepada AP, Stroup mengatakan bahwa gereja tidak tahu bagaimana Alkitab tersebut ada di gereja tersebut. “Kami tidak tahu bagaimana Alkitab tersebut tersimpan dalam keadaan baik. Kami sudah menanyakan kepada orang tua kami dan semua orang di biara dan tidak ada yang ingat. Ini karena gereja sudah akan berumur 150 tahun pada 2013 nanti,” jelas Stroup. [AP/NOV/A-21]

http://www.suarapembaruan.com/home/naskah-alkitab-terjemahan-martin-luther-ditemukan/2728

Iklan

One thought on “Naskah Alkitab Terjemahan Martin Luther Ditemukan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s