“DIUTUS PERGI UNTUK BERBUAH” (Sebuah Refleksi dari Tema Umum Pelayanan BNKP 2012 berdasarkan Yoh. 15:16b)


Firman Tuhan ini adalah tema umum gereja BNKP untuk merayakan Natal 2011 dan menyongsong Tahun Baru 2012. Firman Tuhan ini sendiri adalah pesan Yesus kepada murid-murid-Nya, sebelum meninggalkan dunia. Pada ayat sebelummnya ay. 15, Yesus mengatakan bahwa Dia memanggil murid-Nya sebagai sahabat dalam pelayanan bukan hamba. Sebagai sahabat, Dia meminta untuk meneruskan tugas pelayanan yang selama ini telah dimulai dan murid-murid-Nya rasakan sendiri. Sekarang tanggungjawab pelayanan tersebut berada di tangan murid-murid untuk pergi dan berbuah. Dengan catatan Dia akan terus bersama mereka sampai kepada akhir zaman (bnd. Mat. 28:18-20).

 Tugas ini memang berat, apalagi banyak tantangan yang mereka hadapi baik dari dalam, maupun dari orang-orang termasuk penguasa yang tidak senang denan pengikut Yesus. Tetapi Yesus tetap bersih-keras agar mereka pergi bahkan menghasilkan buah. Sebenarnya dalam arti denotasi, buah dapat kita temuakan setiap saat di sekeliling kita seperti buah pisang, apple, duku, durian, dll. Tetapi apa buah ini menetap? Apakah buah ini bertahan lama?. Tentu saja tidak. Paling lama 3-4 hari, setelah itu membusuk dan tidak enak untuk dinikmati.

 Justru buah yang dimaksud Yesus adalah kehidupan dan pribadi yang benar-benar mencerminkan seorang pengikut Yesus (bnd. Buah Roh dalam Gal. 5:22-23). Bisa kita band. Pesan Paulus kepada Timotius dalam menggembalakan jemaat yang penuh tantangan dan cobaan, Paulus katakan “Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu” (I Tim. 4:12).

 Apa yang menarik dari Firman ini? Semua kehidupan kita adalah DARI, OLEH DAN UNTUK/BAGI YESUS

  • SUMBER DAN DASAR SEMUA PELAYANAN (KARYA) ADALAH DARI YESUS SENDIRI
  • KITA SEMUA PERGI OLEH PENGUTUSAN YESUS dan BERBUAH (BERKARYA) OLEH KARENA YESUS TELAH MENGASIHI KITA
  • SEMUA TUGAS DAN PELAYANAN (KARYA) YANG KITA LAKUKAN, KITA KEMBALIKAN UNTUK/BAGI KEMULIAAN NAMA YESUS

 Lalu, bagaimana BNKP merefleksikan Firman ini dalam kehidupan-Nya? BNKP melihat juga bahwa dirinya adalah bagian dari tubuh Kristus, sehingga bertanggungjawab dalam meneruskan tugas panggilan Yesus  tersebut. Siapapun yang tergabung dalam gereja BNKP (orangtua-pemuda-anak-anak, pelayan-warga jemaat), terpanggil dalam misi Yesus ini.

Sekarang ini semakin banyak tantangan yang dialami dalam pelayanan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang juga merasuki sendi-sendi kehidupan berjemaat, “persaingan” menciptakan pelayanan yang bermutu, global warning, dan semakin menjamurnya penyakit-penyakit a-sosial seperti egoisme, KKN, ketidakadilan, kekerasan, pelanggaran HAM, semakin menjauh jurang yang kaya dan miskin, dll.

Untuk itu setiap warga jemaat terpanggil untuk menunjukkan buah yang menetap dengan menjadi berkat bagi dunia. Hal itu dengan mengevaluasi pelayanan di tahun kemarin sekaligus mempersiapkan diri termasuk para pelayanan dalam proses pemilihan periode pelayan baru di tahun 2012-2017. Kita tidak perlu ragu karena ketika kita melakukan seluruh pelayanan di dalam Yesus, Dia akan bersama-sama dengan kita seperti janjinya dalam ay. 16 c, “supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

Kesatuan hati diantara pelayan, pelayan dengan warga jemaat, dan kesatuan seluruh pelayan-warga jemaat dengan Tuhan akan menciptakan satu gereja BNKP yang menjadi berkat bagi dunia. Selamat melayani dan berbuah..

Dapat juga dilihat tulisan lain dari penulis dalam blog ini yang berjudul Siapakah Aku Ini Tuhan? (Refleksi Keterpangilan Menjadi Pelayan Berdasarkan Yohanes 15:14-17)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s