Peran Ayah Mengasuh Anak


ayah-yang-baikAyah mempunyai andil dalam pengasuhan anak. Beberapa penelitian mengungkap, absennya ayah dalam pengasuhan anak berkontribusi memunculkan berbagai penyakit masyarakat.

Peran ayah amat penting dalam membangun kecerdasan emosional anak. Seorang anak yang dibimbing oleh ayah yang peduli, perhatian, dan menjaga komunikasi, cenderung berkembang menjadi anak yang lebih mandiri, kuat, dan memiliki pengendalian emosi yang lebih baik dibandingkan anak yang tidak memiliki ayah seperti itu.

Penelitian mengenai figur ayah ini dilakukan oleh tim peneliti di Australia semenjak awal 90-an, yang salah satunya dipimpin oleh Prof dr Bruce Robinson PhD. Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan yang jelas antara peran ayah dan apa yang kemudian terjadi pada seorang anak ketika dia tumbuh dewasa.

Setelah hampir 20 tahun, penelitian ini membuahkan hasil yang cukup mengejutkan. Ternyata, figur ayah berperan sangat penting dalam memengaruhi perkembangan mental dan stabilitas emosi anak. Berdasarkan hasil penelitian dan intervensi selama 20 tahun itulah terlihat bahwa segala kerusakan itu bisa dicegah dengan melakukan peningkatan kualitas figur ayah di dalam keluarga, yang mampu menjadi teladan bagi seorang anak.

Proyek tentang peningkatan kualitas seorang ayah ini, yang salah satunya dikomandoi oleh Prof Bruce PhD di Australia, berhasil mengurangi angka ketergantungan terhadap obat-obatan terlarang, menurunkan tindak kriminalitas, mengurangi angka kekerasan dalam rumah tangga, dan mengurangi kemungkinan terjadinya depresi yang berkepanjangan.

Terbukti, kehadiran seorang ayah yang baik, mampu mengurangi risiko seorang anak terpengaruh obat-obatan terlarang sampai 50%, mengurangi hingga 90% kecenderungan seorang anak untuk terlibat dalam tindak kriminal, serta terbukti secara sangat efektif berpengaruh untuk menurunkan kadar depresi dalam diri seseorang.

Penelitian tersebut menjadi dasar sebuah gerakan di Australia, the Fathering Project. Ini merupakan sebuah gerakan sosial yang berusaha mengajak masyarakat untuk turut berperan dalam menyejajarkan peran ayah dalam membangun keluarga yang baik. Peran ayah yang seimbang –mampu untuk berkomunikasi dengan baik– yang melibatkan seluruh anggota keluarganya, merupakan hal krusial yang mampu berpengaruh terhadap kehidupan sang anak di keluarga tersebut, di kemudian hari.

Gerakan the Fathering Projectini sudah berjalan di Australia. Perlahan tapi pasti, gerakan ini menghasilkan perubahan yang nyata di masyarakat. Perubahan demi perubahan menciptakan bola salju yang menggelinding semakin lama semakin besar dan semakin cepat.

Gerakan ini mampu menggulirkan sebuah hasil yang perlahan-lahan mulai terlihat, seperti penurunan angka perilaku tindak kriminal, menurunnya angka kekerasan dalam rumah tangga, terkendalinya jumlah penyalahgunaan obat-obatan terlarang, serta ketahanan banyak warga negara terhadap depresi berkepanjangan.

Berdasarkan fakta-fakta ini, Fathering Projectbisa jadi merupakan sebuah solusi yang bisa digulirkan dari bawah, dari lingkup terkecil negara ini, yaitu keluarga, untuk menghasilkan perubahan yang mendasar dari kekacauan tatanan mental, sosial, dan spiritual yang terjadi di negara ini.

Di Indonesia, gerakan ini sudah dimulai dari beberapa orang ayah yang peduli, bersama dengan beberapa perempuan yang juga concern akan pentingnya peran ayah dalam memengaruhi keberhasilan membangun keluarga. Untuk menciptakan energi aktivasi yang cukup dalam kesadaran masyarakat pada gerakan sosial Fathering Projectini, maka Prof Bruce PhD pun meluangkan waktu untuk bertandang ke Indonesia, dalam sebuah seminar sehari yang akan dilaksanakan pada Rabu (24/4).

Kedatangan Prof Bruce Robinson PhD di Indonesia sebagai salah satu tim inti peneliti mengenai Fathering Project, yang sebelumnya telah membantu Fathering Project di berbagai negara di dunia ini, diharapkan mampu untuk menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya peran ayah di dalam keluarga. Juga, mampu untuk menyadarkan masyarakat luas tentang kekuatan dari dukungan kebersamaan.

Buat masyarakat yang berminat untuk mengetahui lebih lanjut mengenai konsep dan langkah-langkah yang dilakukan oleh Bruce dalam membangun Fathering Project yang menghasilkan perubahan yang signifikan di Australia, masih terbuka luas kesempatan untuk bisa bergabung. _info/kirdi putra

Sindo, 22 April 2013, hlm. 34, http://www.koran-sindo.com/node/309767

Iklan

One thought on “Peran Ayah Mengasuh Anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s